Halo brader breeder! Jumpa lagi dengan mimin nih. Kali ini saya mau share info yang sangat bagus nih bagi sobat cupang. Yaitu cara mengolah daun ketapang agar tidak berminyak saat digunakan untuk cupang.

Sebelum nya brader breeder pasti sudah tau kan gunanya air ketapang itu untuk apa. Tapi saya coba ulas sedikit ya.

Daun ketapang, dengan nama latin Terminalia catappa L ini digunakan oleh pembudidaya ikan untuk mengatasi hama penyakit, dan yang paling menjadi ancaman adalah bakteri
Salmonella enterica serovar Typhi  yang biasa disebabkan oleh pakan alami yg membusuk dikarenakan pemberian makan yang berlebihan.

Menurut penelitian dalam jurnal Pengaruh Perendaman Ekstrak Daun Ketapang (Terminalia cattapa) Terhadap Kelulushidupan dan Histologi Hati Ikan Mas (Cyprinus carpio) yang Diinfeksi Bakteri Aeromonas hydrophila, ekstrak dari daun ketapang ini memiliki senyawa golongan alkaloid dan flavonoid dimana flavonoid memiliki efek antioksidan, anti tumor, anti radang, anti bakteri dan anti virus, sedangkan alkaloid dapat menghambat pertumbuhan mikroba.

Selain membuat ikan cupang terbebas dari penyakit, manfaat lain daun ketapang adalah:

  • Mempercantik kulit dan mencerahkan warna ikan cupang.
  • Mencegah infeksi jamur dan penyakit kulit lainnya
  • Daun ketapang kering dapat menghasilkan zat organik yang berguna untuk menurunkan kadar pH air serta menyerap zat kimia dalam air.
  • Daun ketapang bermanfaat sebagai tempat ikan cupang meletakkan telur
  • Mengurangi stres pada ikan cupang

Namun, pada kenyataannya. Penggunaan daun ketapang atau air daun ketapang yang tidak benar juga dapat menimbulkan masalah baru. Seperti air menjadi berminyak, atau berbau busuk dan lainnya. Lalu bagaiamana mengolah daun ketapang agar baik digunakan untuk ikan cupang? Oke mari kita bahas.

Cara Mengolah Daun Ketapang

Agar khasiat daun ketapang dapat diperoleh sacara maksimal, ikuti tutorial berikut ini:

  1. Pilihlah daun ketapang yang sudah mengering secara alami, ditandai dengan warna kecoklatan. Daun yang sudah kering akan lebih baik dan kaya kandungan senyawa.
  2. Cuci daun ketapang dengan air bersih terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran pada daun. Untuk hasil maksimal, buang bagian batang daun.
  3. Kemudian rendam daun ketapang yang sudah bersih dalam air garam kurang lebih 15 menit. Penggunaan garam pada perendaman ini secukupnya saja.
  4. Setelah itu jemur daun ketapang selama kurang lebih 10 menit dengan sinar matahari sampai kering.
  5. Selanjutnya, masukkan daun ketapang yang sudah kering kedalam plastik asoi / asoy besar. Usahakan plastik tidak berlubang. Lalu taburkan garam keseluruh daun yang sudah berada di dalam plastik. Aduk garam secara menyeluruh.
  6. Kemudian tutup plastik serapat mungkin sampai tidak ada udara masuk. Lalu diamkan di tempat yang tidak kena matahari selama 7 hari, atau lebih lama untuk mendapatkan air yang lebih pekat.
  7. Setelah cukup waktu, daun ketapang sudah siap digunakan. Kamu bisa menggunakan daun secara langsung ke dalam wadah ikan / kolam ikan, maupun merendam nya kedalam wadah khusus air ketapang.

Cara ini dapat menghasilkan air daun ketapang yang sangat baik. Biasanya air ketapan hasil olahan ini tidak berminyak.

Nah, sampai sini dulu tutorial cara mengolah daun ketapang nya ya brader breeder. Kalau brader ingin request sesuatu yang ingin dibahas. Silahkan kirim email ke info@jualbelicupang.com ya brader.