Jasa pengiriman saat ini sudah banyak sekali beredar dari mulai Tiki, Jne, JNT, Sicepat, AnterAja, Lalamove bahkan jasa kirim menggunakan kereta api bahkan bus juga ada. Tapi apakah mengirim ikan ataupun hewan di jasa pengiriman tersebut aman dan dizinkan?

Pertama kamu harus cek dulu syarat dan kententuan apakah boleh mengirim hewan ke dalam atau luar kota. Kedua apabila diizinkan mengirim ikan atau hewan biasanya terdapat surat ketentuan dan juga surat dari badan karantina. Cara mengurus surat karantina kamu bisa cek di sini.

Pastikan dalam mengirim ikan hias kamu memilih jasa pengiriman yang sehari langsung sampai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ikan mati.

Selain beberapa jasa pengiriman di atas kamu bisa juga menggunakan gojek atau grab loh untuk mengirim ikan namun jaraknya biasanya terbatas tidak bisa terlalu jauh atau bisa menggunakan herona kereta untuk wilayah pulau jawa dan titip di bus-bus antar kota dan jika punya dana lebih untuk yang terlalu jauh bisa menggunakan kargo pesawat.

Ada juga jasa pengiriman hewan khusus yang menyediakan jasa pengiriman beserta mengurus dokumennya kamu bisa telusuri aja di google dengan keyword "Jasa Kirim Ikan Ke luar Kota, Jasa pengiriman hewan, Jasa pengiriman hewan terpecaya" dan lain-lain. Akan terlihat banyak sekali jasa atau perusahan yang menawarkan pengiriman hewan dengan resmi.

Selain mengurusi jasa pengiriman ikan, banyak hal yang harus diperhatikan agar ikan yang kamu kirim selamat sampai tujuan biasanya anatara lain:

Kondisi Ikan

Perhatikan kondisi ikan yang akan di kirim apakah ikan dalam keadaan sakit atau tidak. Jika ikan sakit ikan perlu disembuhkan terlebih dahulu. Karena dapat dipastikan ikan kamu tidak akan lolos dan mendapatkan surat karantina.

Puasa

Jangan memberikan makanan ke ikan yang ingin di kirim, tujuannya agat ikan tidak buang kotoran di kantong plastik selama di perjalanan yang akan membuat amoniak tinggi di kantong plastik sehingga dapat menyebabkan ikan mati.

Plastik/Packaging

Packaging merupakan hal yang sangat penting. Semakin besar plastik makin banyak juga oksigen yang dapat dimasukan ke kantong plastik sehingga ikan bisa tahan lebih lama saat diperjalanan. Jangan lupa plastiknya kamu double untuk menghindari kebocoran akibat terkena benda-benda tajam, gigi ikan atau sirip ikan. Gunakan Styrofoam agar ikan lebih aman dari benturan

Obat

Sebagian penjual memberikan obat anti stress pada ikan yang tentunya bertujuan untuk meminimalisir tingkat stress pada ikan selama di perjalanan.

Penutup

Sebagai penjual ikan kita sebaiknya harus memberikan garansi DOA dalam pengiriman ikan. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi walaupun sudah berusaha yang terbaik mengikuti tips-tips di atas  namanya juga makhluk hidup.

Apa itu DOA ? DOA adalah singkatan dari Death On Arrival. Garansi DOA dapat memberikan garansi apabila ikan sampai dan di buka packaging nya dengan bukti rekaman unboxing ikan berupa video tanpa dipotong.