Internasional Betta Club (IBC) atau Klub Ikan Hias Cupang Internasional menyatakan jenis ikan cupang terkecil di dunia dimiliki oleh Provinsi Riau. Namanya cupang bagan api atau cupang api-api atau nama kerennya cupang new red.

"Ikan cupang ini hanya ada di Riau. Ini sangat unik karena panjangnya cuma 2,5 cm-3,5 cm, warnanya merah. Ikan jenis Ini ditemukan dua atau tiga tahun yang lalu, namun harus dibudidayakan dan dilestarikan karena hampir punah," kata anggota IBC, Joty Atmadjaja, di Pekanbaru, Sabtu (15/8).

Dia katakan itu saat menjadi juri dalam kontes ikan Cupang, di Riau, 6 tahun lalu. Ikan cupang terkecil di dunia ini berasal dari kota Bagan Siapi-Api, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Ikan cupang api-api itu juga diketahui bukan dari hasil persilangan.

Kemudian beliau lanjut menyampaikan, sampai saat ini ikan tersebut belum memiliki nama ilmiah sehingga sering disebut dengan tiga nama di atas. Sehingga sekarang tiga nama tersebut yang kerap digunakan untuk ikan yang sama.

Ikan cupang terkecil di dunia ini jelas menjadi potensi besar bagi ikan hias nasional. Namun, "Saat ini terlihat belum dipoles, diekspos ataupun dipromosikan sehingga belum banyak yang meminati," imbuhnya.

Kontes ikan cupang Pekanbaru saat ini tidak cuma diikuti peserta lokal dan nasional, namun juga ada dari beberapa negara ASEAN, di antaranya Thailand, Vietnam, Malaysia dan Singapura. Dan Thailand terlihat sangat serius mengembangkan ikan-ikan hias air tawarnya. Sampai sekarang sudah mencapai 600 lebih peserta yang akan ikut berlomba pada 36 kategori.

Nah, itulah sekilas informasi tentang Ikan cupang terkecil didunia yang hanya dimiliki Provinsi Riau. Warga riau atau para Breeders riau patut bangga dan harus melestarikan Ikan Cupang jenis Ini ya..