Kecantikan tubuh dan warna ikan hias satu ini memang kerap menghipnotis mata, khususnya bagi para cupang lovers. Dialah cupang blantong tiger.

Sosok serit yang lahir dari kegigihan peternak tanah air ini terbilang indah dan mempesona. Lihat saja,kepala hingga pangkal ekornya dibalut warna merah dengan pancaran warna jingga. Sirip atas putih dan sirip lain di ekor dan perut berwarna hitam dengan corak dasar biru cerah.Warna-warna ini terpisah tegas.

Asep Syarifuddin, salah satu peternak ikan cupang mengatakan blantong tiger memiliki keistimewaan pada kepalanya yang berhiaskan warna merah atau oranye. Pada badannya terdapat kombinasi warna yang menarik, seperti ungu, putih, dan hijau. Ujung sirip-siripnya berbalut warna putih.

“Menurut beberapa hobiis di Singapura, ikan ini lebih indah dibandingkan dengan cupang hias lainnya yang pernah ada,” katanya seperti dilansir Agrina.

Meski sosoknya istimewa, Asep menjelaskan, perawatan blantong tiger standar saja alias sama dengan cupang hias lainnya.

“Pergantian air, pakan, dan perawatan kesehatan saja yang perlu diperhatikan,” terangnya.

Pergantian air cukup dilakukan empat sampai seminggu sekali tetapi harus terjadwal rutin agar tidak berpengaruh pada perkembangan dan kesehatan ikan.

Sedangkan untuk pakannya, Anda bisa menggunakan pakan alami, seperti cacing darah (blood worm), cacing sutra, cuk (jentik nyamuk), kutu air, atau pakan buatan. Namun, kata Asep, biasanya hobiis lebih suka memberikan cuk karena dianggap sangat baik bagi perkembangan dan kesehatan ikan. Agar cuk yang diberikan tidak berdampak negatif bagi si ikan, ia menyarankan agar sebelum diberikan cuk dimasukkan ke wadah khusus yang sudah diberi antikuman kalium permanganat (PK) yang banyak dijual di toko-toko ikan hias. Kemudian setelah lima menit direndam, saring dan bersihkan dengan air bersih. Setelah itu barulah, pakan alami itu diberikan.

Kendati cupang terbilang jarang terkena penyakit, ikan tetap harus dijaga kesehatannya. Kuncinya cuma dua, disiplin dalam pergantian air dan pemberian pakan.

“Kedua hal tersebut adalah cara untuk menjaga kesehatan ikan sehingga ikan akan selalu terlihat lincah, gemulai, dan panjang umur hingga dua-tiga tahunan,” pungkas Asep.

So, Anda apakah tertarik memelihara blantong tiger ini, cupang lovers?