Brader Breeders!, saat ini memelihara ikan cupang sudah menjadi populer, agar tidak mati gaya tengah pandemi seperti sekarang ini. Ada beberapa hal yang membuat masyarakat mulai tertarik memelihara ikan hias ini adalah karena keindahan bentuk, warna dan cara merawatnya yang terbilang mudah. 

Tapi, Meskipun mudah, ternyata cara perawatan yang kurang tepat juga dapat membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal keindahan sirip dan ekor ikan cupang termasuk poin penting dari penampilannya. Nah, daripada anda salah langkah, mari kita simak 7 cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini, cekidot!

1. Ganti air dua hari sekali

ganti air

Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal terpenting untuk menjaga keindahan ikan cupangmu,

Oleh karena itu, gantilah air dalam akuarium beberapa hari sekali. Mengganti airnya sebanyak dua hari sekali juga sangat disarankan. 

2. Pindahkan ikan cupang tanpa menyentuhnya

cp

Brader, ikan cupang punya fisik yang sensitif dan mudah rusak. Jadi, pastikan untuk memindahkannya dengan hati-hati dan perlahan saat sedang mengganti air dalam akuariumnya.

Memindahkan ikan cupang bersamaan dengan sedikit air juga lebih direkomendasikan dibandingkan memindahkan ikan cupang dengan tangan secara langsung ataupun jaring. Hal ini untuk mengurangi risiko sirip atau ekor yang rusak dan menjadi cacat saat tersentuh. 

3. Beri makanan hidup dibanding makanan kering

Cacing sutra

Apakah kamu biasa memberikan ikan cupangmu makanan kering seperti pelet? brader tahu nggak sih, memberikan ikan cupang makanan hidup seperti jentik nyamuk, ulat, cacing, atau kutu air jauh lebih baik untuk menjaga kesehatannya, lho!

4. Beri daun ketapang kering dalam air sebagai antibiotik

daun ketapang

Sirip atau ekor ikanmu terluka? gak perlu khawatir, kamu bisa mengobatinya dengan memberikan daun ketapang kering pada airnya. Daun ketapang adalah antibiotik atau obat alami bagi ikan cupang. Dengan memberikan daun ketapang dalam air akuarium, ph dalam air akan lebih optimal dan manjur untuk pemulihan ikan cupangmu.

Untuk menghasilkan daun ketapang yang bagus dan tidak berminyak silahkan brader breeders baca artikel kami sebelumnya.

baca juga: Ini Dia Cara Mengolah Daun Ketapang Agar Tidak Berminyak

5. Beri garam khusus ikan hias dalam airnya

garam ikan
Garam yang dimaksud bukan garam dapur ya. Garam ini adalah garam khusus untuk ikan hias yang berfungsi untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam ini juga mampu membantu penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme tubuh pada ikan cupangmu. 

Tapi Jangan terlalu banyak menaburkannya! Kamu cukup menaburkan garam sebanyak 0,1% dari keseluruhan air dalam akuarium.

6. Beri metil biru saat ekor ikan atau sirip ikan cupang rusak atau patah

Metil biru

Patahnya sirip atau ekor ikan cupang pasti membuat kita gusar! Tapi tenang saja, kamu bisa membantu proses pemulihan kembali ekor atau sirip ikan cupangmu jadi lebih cepat, kok!

Caranya, teteskan metil biru secukupnya pada air akuarium. Untuk proses pemulihan ikan cupangmu bisa berlangsung lebih cepat bahkan kurang dari satu minggu tergantung dari tingkat kerusakannya. 

7. Cara mengobati ikan cupang yang lemas atau sakit

Ikan cupang yang lemas tidak bergairah bisa menandakan bahwa dia lagi sakit.

Untuk mengobatinya, kamu bisa memberikan beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, obat tetra clor, dan pomate secukupnya pada air akuarium. Aduk hingga merata dan masukkan ikan cupang ke dalam air yang sudah diberi obat tersebut. 

Nah, itu dia cara merawat ikan cupang yang baik dan benar. Selamat memelihara ikan cupang hias ya Brader Breeders!